Ilham Udin Armayn 

Bolaonline-id.com – Biodata Ilham Udin Si Anak Ternate, Kunci Kemenangan Timnas U-19

LAGI-lagi Si Anak Ternate Ilham Udin Armayn, menjadi juru kunci dalam kemenangan Indonesia melawan Vietnam dalam laga final AFF U-19 yang berlangsung di Stadiun Delta Sidoarjo yang berakhir adu finalti 7-6 untuk kemenangan Indonesia.

 


Jika sebelumnya Ilham Udin juga sebagai juru kunci Indonesia bisa lolos di babak Semi Final, kala melawan musuh bebuyutan Indonesia Malaysia yang berakhir imbang 1-1. Kali ini, si Anak Ternate ini kembali menjadi juri kunci dalam kemenangan Indonesia meraih piala AFF Cup u-19.

Siapa sebenarnya Ilham Udin Armayn ini, dari beberapa sumber yang penulis baca Ilham Udin Armayn ini dilahirkan di Desa Lelei Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utura pada tanggal 10 Mei 1996 lalu. 

Alumni SMK Binter Ternate ini dikenal sebagai anak yang ulet dan penurut. Bagi ibunya, Rohani, Ilham adalah pahlawan dalam keluarga setelah ayahnya meninggal. Prestasinya telah membuat bangga sang ibu dan keluarga, namun dibalik rasa bangga akan prestasi Ilham, ada kesedihan yang dirasakan oleh ibunya atas prestasi yang dicapai Ilham, kesedihan itu karena prestasinya tidak sempat dinikmati oleh sang ayah tercinta.

 

Ilham sejak kecil sudah menyandang anak yatim yang ditinggal oleh Ayahnya pada usia 9 tahun karena meninggal dunia tanpa diketahui apa penyebab sakit yang diderita oleh ayah Ilham.

 

Ilham anak keempat dari enam bersaudara ini tumbuh besar menjadi remaja diasuh oleh ibunya yang bernama Ani, perjuangan Ani dalam merawat dan membesarkan Ilham serta lima saudaranya sangatlah berat. Sebab Ani menjadi tulang punggung kehidupan Ilham dan lima saudaranya sejak ditinggal sang ayah tercinta, Ibu Ilham bekerja sebagai pembantu rumah tangga demi sesuap nasi dan demi menafkahi dan membesarkan Ilham sang ibu Ani tidak pernah mengeluh bahkan dengan kesulitan ekonomi sang Ibu selalu memberikan motivasi yang sangat besar kepada Ilham untuk menjadi sosok anak pekerja keras dan terus semangat dalam mencapai cita-cita.

 

Talenta Ilham Udin memang dari kecil menjadi sepak bola sudah nampak, bahkan sang ibu mengetahui hal itu meski sang ibu tidak bisa berbuat banyak dan tidak sepenuhnya menyokong Ilham menjadi pesepakbola. Akan tetapi dukungan moril yang diberikan sang ibu kepada Ilham dan motivasi dari sang ibu menyemangati Ilham untuk meraih impian menjadi pesepakbola seperti saat ini yang bisa membawa Indonesia menjadi juara AFF U-19.

Karir pertama Ilham Udin dalam dunia sepakbola berkat perjuangan dari sang Paman Safrin yang mendaftarkan Ilham ke Sekolah Sepak Bola (SSB) Tunas Gamalan di Tarnate. Dari sinilah talenta Ilham mulai nampak dengan semangat tinggi dalam mengejar impian, Ilham yang bergabung dengan Persiter Tarnate hingga akhirnya Ilham dilirik oleh timnas dan bergabung menjadi pemain muda Indonesia U-15 dikala itu.

 

Talenta dari Ilham terus berkembang, hingga Ilham kembali ditarik ke Timnas Indonesia u 17 bahkan di Timnas U-17 Ilham dipercaya menjadi Kapten dan berhasil membawa timnas Indonesia U 17 menjuarai turnamen internasional di Hongkong.

 

Saat ini, Ilham Udin kembali menoreh prestasi di ajang AFF U 19 menjadi stiker andalan dari timnas U 19 Ilham kembali menjadi juru kunci kemenangan Indonesia menjadi juara AFF U 19, tak hanya itu Ilham juga menjadi salah satu faktor penyebab makanya Indonesia bisa lolos ke semi final saat melawan Malaysia yang Ilham berhasil menyumbangkan satu gol untuk lolosnya Indonesia saat itu.

 

Perjalanan Ilham Udin masih panjang, diusia yang masih belia ini kesempatan berkarir Ilham untuk menjadi pesepakbola profesional masih terbuka lebar dan semoga ini langkah awal bagi Ilham untuk terus membawa nama baik Indonesia di sepakbola tidak hanya ditingkat asia saja bahkan akan mampu nantinya menjadi salah satu juru kunci Indonesia bisa tampil diajang yang lebih besar lagi. Bahkan bisa membawa Indonesia ke ajang piala dunia, semoga mimpi Indonesia ini bisa diwujudkan oleh anak tarnate Ilham Udin Armayni ini. (Sumber: Kompasiana.com)

 

Sekian update kali ini seputar Profil: Ilham Udin Armayn, Pahlawan Timnas U-19 dari Ternate. Salam Olahraga..